in

Yuk Kenali 6 Tips Memilih Pendamping Hidup Dalam Islam

Di dalam memilh calon pendamping yang sesuai dengan syariat islam sebenarnya kita akan dengan sangat mudah menemukan nya. Sehingga ikatan tersebut dapat dengan senantiasa menjaga pandangan bagi kedua mempelai.

Agama Islam memberikan beberapa referensi bagi seorang pria dan wanita sehingga mereka layak di katakan sebagai calon pendamping yang baik, diantaranya sebagai berikut:

Pandangan Islam Dalam Memilih Calon Istri

 

memilih calon istri

 

Allah SWT berfirman :

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَى فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَى أَلَّا تَعُولُوا

Artinya “Dan apabila kalian takut tidak bisa berbuat adil kepada anak-anak perempuan yang yatim (untuk kalian jadikan istri), maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kalian senangi, dua atau tiga atau empat. Bila kalian takut tidak bisa berbuat adil, maka nikahilah satu perempuan saja atau budak-budak kalian. Yang demikian itu lebih membuat kalian tidak berbuat zhalim.(QS. An- Nisa’ ayat 3)

1. Kriteria Memilih Wanita Yang Beragama Baik

Nabi kita menekankan agar setiap pria bisa memilih wanita yang mempunyai akhlak dan beragama yang baik yang mampu memahami tanggung jawab dalam sebuah keluarga baik itu sebagai istri maupun seorang ibu. Dalam sebuah hadits.

Nabi Bersabda:

تُنْكَحُ المَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ، تَرِبَتْ يَدَاكَ

Artinya “Seorang wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang memiliki agama, niscaya selamat tanganmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Wanita Yang Masih Berstatus Gadis Dalam Pandangan Islam

Selain itu, pada cinta dan kasih sayang yang diberikan wanita tersebut akan lebih dapat menyentuh hati sang suami. Karena sang wanita merasa suaminya adalah lelaki pertama yang dikenal, ditemui, serta melindunginya.

Mengapa seorang lelaki sebaiknya memilih wanita yang masih gadis untuk dijadikan pendaping hidupnya? Karena menikahi wanita yang masih gadis atau belum pernah menikah akan membuat sebuah ikatan perkawinan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Rosulullah Sholallahu Alaihi wassalam pernah berkata kepada Jabir Bin Abdullah ketika ia menikahi seorang janda

هَلاً بِكرًا تَلاَعِبُهَا وَتُلاَعِبُكَ

yang artinyaMengapa engkau tidak menikahi perawan agar engkau bersenda gurau dengannya dan ia bisa bersenda gurau denganmu.”

3. Wanita yang berwajah cantik serta bermahar ringan

Nabi Bersabda :

Sebaik-baik wanita adalah wanita yang cantik parasnya dan murah maharnya.”

Artinya, syariat islam menekankan bagi kaum pria untuk memilih seorang wanita yang berparas cantik, menawan, serta elok untuk dipandang, meskipun islam juga melarang menikahi seorang wanita hanya karena melihat kecantikannya saja. Sedangkan yang dimaksud dengan murah maharnya adalah wanita yang mau menerima berapapun besarnya mahar yang diberikan oleh suami.

 

memilih pasangan dalam islam

Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

kawinilah perempuan penyayang dan banyak anak.

Wanita penyayang yang di maksud disini adalah seorang wanita yang memiliki sifat yang di penuhi dengan cinta dan kasih sayang terhadap sesama ataupun makhluk ALLAH yang lainnya.

5. Wanita Yang Bukan Berasal Dari Kerabat Dekat Atau Handai Tulan

Artinya dalah seorang pria sebaiknya mencari calon pendamping hidup yang tidak berasal dari kerabat dekatnya. Misalnya saja saudara sepupu, baik dari pihak ayah maupun ibu.

6. Wanita Baik Yang Berasal Dari Keluarga Yang Sangat Baik

Salah satu yang perlu di perhatikan adalah seorang pria dalam memilih calon pendamping hidupnya. Wanita yang baik adalah wanita yang berasal dari keluarga yang memiliki ketaatan penuh terhadap agama. Mengapa bisa demikian?

Hal ini di tegaskan karena orang tua yang sholeh tentu akan memberikan pandangan dalam pandangan agama dan akhlaq yang baik bagi anak-anaknya. Selain ity, dalam mempelajari kehidupan berumah tanggapun mereka selalu berpedoman kepada kehidupan beragama.

What do you think?

Written by admin

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
hidayah

Hakikat Hidayah Dan 2 Macam Hidayah